Di sini, semua TV Android memiliki Google TV

Pada tahun 2021, Google mulai meluncurkan pembaruan besar ke platform Android TV. Pembaruan ini mencakup banyak perubahan, antarmuka baru, dan nama baru — Google TV. Google TV dirancang agar lebih dipersonalisasi daripada Android TV, dengan kemampuan AI Google bekerja di belakang layar untuk menemukan konten yang direkomendasikan. Tata letak juga berubah menjadi lebih mudah dinavigasi dengan cepat dan lebih fleksibel untuk berbagai aktivitas. Namun, itu tidak lagi disebut Android TV.

Beberapa perangkat lama yang menggunakan Android TV dapat diperbarui untuk mengadopsi beberapa fitur Google TV dan antarmuka baru, bersama dengan nama baru. Jika Anda baru saja memperbarui perangkat dan menemukan bahwa referensi ke Android TV telah hilang, mungkin inilah alasannya. Perangkat yang lebih baru mengadopsi Google TV sejak awal, jadi jika Anda membeli TV Sony baru dan bahkan beberapa TV TCL baru  hari ini, perangkat tersebut akan dimuat dengan Google TV, bukan Android TV. Chromecast Google sendiri juga telah diperbarui ke versi baru, yang secara resmi disebut Chromecast dengan Google TV. Google berencana mengganti Android TV dengan Google TV pada akhir 2022.

Semua yang dikatakan, informasi yang kami kumpulkan di bawah ini masih akurat, dan kami menyimpannya saat penyesuaian dari Android TV ke Google TV berlanjut. Perlu diingat bahwa ini adalah Google TV sekarang dan memiliki tampilan baru!

Apa itu TV Android?

Perangkat dan pengontrol streaming TV Android di atas meja.
Walmart

Android TV — seperti yang mungkin sudah Anda duga dari namanya — adalah versi sistem operasi seluler Android Google yang telah dikonfigurasi secara khusus untuk TV. Tapi deskripsi itu tidak benar-benar menyampaikan betapa berbedanya Android TV dari Android.

Android TV berfokus untuk membantu Anda menemukan konten yang dapat Anda nikmati di TV, baik melalui salah satu layanan langganan Anda seperti Netflix, Amazon Prime Video, atau Google Play Musik , atau dari koleksi media pribadi Anda melalui perangkat lunak pusat media seperti Plek .

Karena fokus tersebut, Android TV terlihat sangat berbeda dengan Android. Alih-alih disambut oleh layar yang penuh dengan aplikasi atau widget seperti pencarian, cuaca, atau saham, aplikasi media perangkat Anda ditampilkan sebagai “pita” — kumpulan rekomendasi yang bergulir secara horizontal dan konten yang baru saja dilihat dari dalam aplikasi tertentu.

Aplikasi Netflix, misalnya, akan menampilkan pita gambar mini dari acara yang sedang berlangsung, tonton berikutnya, dan acara serta film yang direkomendasikan.

Android TV dapat mengakses toko aplikasi Google Play, di mana Anda akan menemukan ribuan aplikasi yang telah dirancang khusus untuk pengalaman 10 kaki Android TV, yang berarti Anda tidak akan kesulitan membaca teks kecil atau mencoba menavigasi aplikasi yang hanya bekerja ketika Anda dapat menggesek dengan jari.

Tertanam dalam setiap versi Android TV adalah Asisten Google , yang memberi Anda kontrol suara untuk konten TV Anda, serta semua produk rumah pintar Anda. Teknologi Chromecast Google juga disertakan, memungkinkan Anda mentransmisikan video dan memulai berbagi layar dari ponsel cerdas, browser, dan aplikasi yang kompatibel.

Sama seperti OS Roku , OS Fire TV Amazon , atau tvOS Apple , Android TV mendukung berbagai fitur TV, seperti 4K UltraHD , HDR , dan Dolby Atmos . Apakah Anda dapat memanfaatkan fitur ini akan bergantung pada perangkat yang memasang Android TV. Perangkat keras (dan aplikasi pilihan Anda) harus mendukung fitur ini sebelum Android TV mengizinkan Anda menggunakannya.

Android TV telah menjadi TV pintar dan platform streaming media unggulan Google, tetapi itu bukan tendangan pertama perusahaan dalam hal ini. Pada tahun 2010, Google TV (sistem operasi, jangan bingung dengan antarmuka Google TV saat ini) dibuat sebagai upaya awal untuk pengalaman TV pintar. Ketika proyek itu akhirnya jatuh di bawah kapak Google pada tahun 2015, sebagian besar pekerjaan pengembangan disalurkan ke Android TV, yang telah dirilis tahun sebelumnya.

Bagaimana cara mendapatkan Android TV?

Nvidia Shield 16gb Android TV dengan pengontrol di atas.
Bill Roberson/Tren Digital

Android TV, hingga saat ini, telah diinstal sebelumnya sebagai pengalaman pengguna TV pintar default di TV tertentu dari TCL, Sony , Hisense , Sharp, Philips , OnePlus , dan banyak lagi.

Anda juga dapat menambahkan Android TV ke TV yang ada yang memiliki port HDMI, dengan dekoder TV Android dari perusahaan seperti Nvidia , AirTV , dan Xiaomi . Harga untuk perangkat ini berkisar dari $60 hingga $200.

Jika Anda lebih memilih Android TV bawaan daripada soundbar , ada JBL Link Bar , yang mengemas Android TV dan Google Assistant ke dalam satu speaker home theater. Meskipun JBL menghentikan perangkat baru-baru ini, unit kabin yang diperbarui masih dapat ditemukan di situs web JBL dengan harga sekitar $300.

Jika Anda berlangganan layanan DirecTV Stream  , Anda mungkin sudah memiliki perangkat Android TV. Perusahaan menggunakan versi khusus Android TV pada dekodernya, itulah sebabnya ia bekerja dengan Google Play Store dan memiliki akses suara Asisten Google dari jarak jauh.

Fire TV Amazon sering terdaftar sebagai perangkat Android TV, tetapi jangan tertipu. Amazon menggunakan OS Android versi open-source untuk membuat Fire TV OS-nya, tetapi memiliki sedikit kesamaan dengan Android TV Google.

Demikian pula, waspadalah terhadap apa yang disebut kotak TV Android dari merek yang tidak Anda kenal. Ada banyak sekali di Amazon dan situs-situs seperti GearBest tetapi itu bukan perangkat Android TV yang sebenarnya. Sebagai gantinya, mereka menggunakan Android versi non-TV dan mengirim tanpa remote suara. Untuk daftar terbaru dari semua perangkat Android TV resmi , lihat halaman produk Google.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Google sendiri tidak menjual perangkat Android TV. Perusahaan memang mengambil celah dengan perangkat Nexus Player yang sekarang sudah tidak berfungsi , tetapi sejak kematiannya pada tahun 2016, ada lubang di kehadiran TV Android Google yang tidak diisi oleh perangkat Chromecast-nya. Dan sementara Google tidak pernah memperbaiki ini dengan perangkat Chromecast-nya, pada tahun 2020 mereka akhirnya merilis Chromecast dengan Google TV , Chromecast dengan remote yang disertakan — meskipun, dengan antarmuka Google TV baru, bukan Android TV.

 

Baca :  Sambil menunggu pembaruan Google TV, Android TV berubah